PENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII.4 SMP NEGERI 17 BATANGHARI

  • Sriliah Suzanti
Keywords: discovery learning, saintifik

Abstract

Sriliah Suzanti, 2019. Penerapan  Model Discovery Learning melalui Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII.4 SMP Negeri 17 Batanghari. Discovery Learning (DL) adalah Memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat, terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Permasalahan yang ingin di kaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran system pencernaan pada manusia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII.4 SMP N 17 Batanghari? Tujuan dari penelitian tindakan ini untuk mengetahui hasil belajar IPA melalui penggunaan model pembelajaran Discovery Learning pada peserta didik kelas VIII.4 SMP N 17 Batanghari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta didik kelas VIII.5 SMP N 17 Batanghari. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan model pembelajaran Discovery Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang di tandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, Pra siklus ( 40,00% ), Siklus I ( 68,00% ) dan Siklus II ( 92,00% )

Published
2021-03-31