UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 17 BATANGHARI DALAM POKOK BAHASAN OPERASI PADA BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK

  • Jalinah
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Model Pembelajaran Diskusi Kelompok

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh berhitung pada operasi pecahan terhadap prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII A semester I SMP Negeri 17 Batanghari tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 17 Batanghari. Siswa yang menjadi subyek penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 17 perempuan, 15  laki-laki  dengan pembagian kelompok-kelompok kecil yang terdiri 5 atau 6  siswa dalam setiap kelompok. Penentuan hasil penelitian dengan menggunakan berbagai metode yang diterapkan dari tingkatan Siklus I, Siklus II dan Siklus III dimana tiap siklus harus diketahui kekurangannya dan kelebihannya yang pada gilirannya semua kekurangan yang ada untuk diperbaiki sehingga pada siklus ke III dapat mencapai hasil rata-rata minimal 65 % dari jumlah siswa yang ada dengan total nilai kwantitatif 100. Setiap siklus pada akhir pembelajaran diukur dengan tes formatif dan pos tes untuk mengetahui hasil yang diharapkan. Sedangkan pada siklus terakhir yaitu siklus ke III dengan menggunakan ukuran ulangan blok untuk mengetahui keberhasilannya sehingga semua pokok bahasan yang ada kaitannya dapat dirangkum pada soal ulangan blok tersebut. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat digunakan untuk pertimbangan agar guru lebih sering menekankan materi tentang kemampuan berhitung yaitu pada operasi penjumlahan pecahan, pengurangan pecahan, perkalian pecahan, dan pembagian pecahan agar siswa lebih terlatih dengan masalah hitung-menghitung. Selain itu dapat juga digunakan sebagai pedoman bahwa guru lebih sering memberikan latihan-latihan soal pada siswa sesuai dengan pendekatan konstekstual untuk dapat menemukan cara dan hasil yang cocok setelah dievaluasi hasilnya.

Published
2021-03-31