PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Q.S. AL INSYIROH PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 17 BATANGHARI MELALUI METODE TUTOR SEBAYA

  • Zubaidi
Keywords: Penerapan Metode Tutor Sebaya, Peningkatan Kemampuan Membaca QS Al-Insyiroh

Abstract

Setiap akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan. Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan alat peraga, cara membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi. Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) bagaimana penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  khususnya pada materi  QS. Al Insyiroh ? (b) Bagaimanakah  hasil  metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. Al Insyiroh ?. Tujuan penelitian yang hendak diperoleh adalah untuk mendapatkan gambaran tentang: (a) gambaran obyektif dari penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  khususnya pada materi  QS. Al Insyiroh ? (b) hasil  metode tutor sebaya terhadap peningkatan kemampuan memabaca  QS. Al Insyiroh ? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP NEGERI 17 BATANGHARI . Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (76,6 %), siklus II (86,6 %). Simpulan dari penelitian ini adalah metode tutor sebaya  dapat berpengaruh positif terhadap Kemampuan Membaca QS. Al Insyiroh Siswa IX A SMP NEGERI 17 BATANGHARI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran ilmu pengetahuan sosial.

Published
2021-07-15