PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS VII SMP N 7 BATANG HARI SEMESTER 2 TP 2017/2018

  • Erizar
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Solving, Pembelajaran IPA

Abstract

Rumusan masalah penelitian dirumuskan sebagai berikut: “Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pemecahan masalah di SMP N 7 Batang Hari? Tujuan penelitian ini adalah tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMP N 7 Batang Hari melalui penerapan Problem Solving pada siswa kelas VII SMP N 7 Batang Hari. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Mampu menganalisis terjadinya pembelajaran dan mampu mengatasi permasalahan tersebut. 2)  Dapat menambah pengalaman peneliti untuk terjun ke bidang pendidikan, 3) Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk menumbuhkan minat belajar siswa sehingga prestasi belajar siswa meningkat maka rumusan masalah penelitian sebagai berikut: “Bagaimana  upaya meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pemecahan masalah di SMP N 7 Batang Hari?  Adapun tujuan dari penelitian ini yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa SMP N 7 Batang Hari melalui penerapan Problem Solving.  kelas VII SMP N 7 Batang Hari.  Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut 2) Pembicaraan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan program perbaikan proses pembelajaran pada tahap selanjutnya.  Penelitian ini merupakan penelitian Jasa Tindal yang terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.  SMP N 7 Batang Hari tahun pelajaran 2017/2018.  Jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian adalah 32 orang yang terdiri dari 80 siswa laki-laki dan 15 bukti yang menunjukkan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode problem solving perolehan nilai rata-rata tiap siklus mengalami peningkatan.  Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 66,7, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 77,7, dan mengalami peningkatan lagi pada siklus III yaitu mendapatkan nilai rata-rata 85. Selain nilai rata-rata tersebut, aktivitas siswa juga meningkat diantara  Aspek lain bertanya pada siklus I 16,66%, siklus II 12,495%, dan siklus III 31,25%.  Aspek respon siswa lainnya pada siklus I sebesar 20,83%, siklus II 16,66%, dan siklus III 24,995%.  Aspek jawaban pertanyaan pada siklus I 16,66%, siklus II 77,7%, dan siklus III 91,66%.  Aspek perhatian penjelasan guru pada siklus I sebesar 77,8%, siklus II sebesar 89,58%, dan silus III sebesar 91,66%.  Aspek diskusi kelompok pada siklus I 68,75%, siklus II sebesar 91,66%, dan siklus III 97,915%.  Aspek pembahasan kelas pada siklus I 83,33%, siklus II 100%, dan pada siklus III 100%.

Published
2021-03-31