UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN WRITING SKILL PADA TEKS INTERAKSI INTERPERSONAL DENGAN MENERAPKAN TEKHNIK PEMBELAJARAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE PADA SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 17 BATANGHARI

  • Neneng Mira
Keywords: Ketrampilan Writing Skill, Teks Interaksi Interpersonal, Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response

Abstract

Saat ini bahasa inggris merupakan mata pelajaran yang dikaji olehsetiap jenjang kelas di sekolah. Termasuk juga di kelas VII  pada tingkat Sekolah Menengah Pertama. Salahsatu materi yang di ajarkan adalah Teks Interaksi Interpersonal . Pada materi ini salah satu aspek yang di harapkan adalah siswa dapat meningkatkan ketrampilannya dalam menulis Teks Interaksi Interpersonal. Salah satu tekhnik pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran bahasa inggris adalah Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response.TPR (Total Physical Response) merupakan suatu metode pembelajaran bahasa yang disusun pada koordinasi perintah (command), ucapan (speech) dan gerak (action); dan berusaha untuk mengajarkan bahasa melalui aktivitas fisik (motor).Oleh karena itu penelitian ini mengambil judul "Upaya Meningkatkan Ketrampilan Writing Skill Pada Teks Interaksi Interpersonal  Dengan Menerapkan Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response Pada Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 17 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018". Pada pra siklus peneliti masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran, siswa yang tuntas belajar pada pra siklus hanya 11 siswa atau 40% siswa yang tuntas belajar. Kemudian pada siklus 1 peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response. Hasilnya adalah pada siklus 1 ini jumlah siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 20 siswa atau 71% siswa mampu tuntas belajar. Pada siklus 2 peneliti masih menggunakan Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response dalam proses KBM, pada siklus 2 terdapat peningkatan jumlah siswa tuntas belajar menjadi 26 siswa atau 92% siswa mampu tuntas belajar.Kesimpulan  dari  hasil  penelitian  yang  dilakukan  di  Kelas VII.1SMP Negeri 17 Batanghari Tahun Pelajaran 2017/2018, yaitu dalam jangka waktu kurang lebih 2 minggu, dengan konsep 4X pertemuan maka Tekhnik Pembelajaran Total Physical Response berdampak positif bagi proses peningkatan ketrampilan writing skill siswa  pada Teks Interaksi Interpersonal di  Kelas VII.1SMP Negeri 17 Batanghari  Tahun Pelajaran 2017/2018.

Published
2021-03-31