UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII.D SMPN 7 BATANGHARI TP. 2017/2018 MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO PADA MATERI PERBANDINGAN

  • Yefrida Yeni
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran The Power Of Two.

Abstract

Berdasarkan pengalaman penulis mengajar di kelas VII.D SMP Negeri 7 Batanghari, hasil belajar matematika siswa masih banyak yang belum memenuhi KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal). Hal ini diperkirakan disebabkan proses pembelajaran yang belum melibatkan siswa secara aktif. Untuk itulah di perlukan suatu strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa saat proses belajar mengajar sehingga diharapkan juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan adala strategi pembelajaran The Power Of Two.  Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran The Powerr Of Two dapat menigkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII.D SMPN 7 Batanghari TP. 2017 / 2018. Hipotesis dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII.D SMPN 7 Batanghari TP. 2017 / 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran The Power Of Two dalam mata pelajaran matematika akan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada kelas VII. D SMPN 7 Batanghari TP. 2017 / 2018 pada materi perbandingan. Data tentang hasil belajar matematika diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa yang dilaksanakan pada akhir penelitian. Data tersebut dibandingkan dengan KKM yang telah ditetapkan untuk kelas VII SMPN 7 Batanghari, yaitu 71. Sedangkan data aktivitas belajar siswa diperoleh dari hasil observasi ( Pengamatan ) yang dilakukan setiap pertemuan di tiap pertemuan. Hasil penelitian memperlihatkan rata- rata hasil belajar matematika siswa meningkat yaitu menjadi 76,56 dengan ketuntasan klasikal 76%. Bagitu pula aktivitas belajar siswa semakin meningkat dari pertemuan I  sampai IV, sedangkan untuk aktifitas negatif siswa semakin menurun. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan di kelas VII.D SMPN 7 Batanghari TP. 2017 / 2018.

Published
2021-03-31