PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANGHARI

  • Ria Pasaribu
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning,Pembelajaran IPS.

Abstract

Peningkatan Proses Pembelajaran dan Hasil Belajar  Siswa  Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Kelas VIII SMP Negeri 7 Batanghari. Model pembelajaran problem based learning (PBL) umumnya, akan mengenalkan siswa pada suatu kasus yang memiliki keterkaitan dengan materi yang dibahas, kemudian siswa akan diminta agar mencari solusi untuk menyelesaikan kasus/masalah tersebut. Model ini juga akan meningkatkan kecakapan berpartisipasi dalam tim. Ada pun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Permasalahan utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai Proses Belajar dan Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 7 Batanghari, metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan atau dua kali tatap muka. Setiap siklus dilakasanakan evaluasi untuk melihat tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa   dan observasi proses pembelajaran siswa dalam mengikuti pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari proses pelaksanaan tindakan. Hasil yang dimaksud dapat berupa perubahan hasil belajar siswa. Evaluasi dilaksanakan pada akhir proses belajar mengajar di setiap siklus dengan memberikan tes akhir untuk melihat tingkat  keberhasilan  yang  telah  diperoleh  siswa  dalam  memahami  konsep  yang diberikan. Sementara itu, observasi dilakukan   pada   saat   proses   pembelajaran berlangsung dengan tujuan untuk mengetahui kemajuan proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS Kelas VIII di SMP Negeri 7 Batanghari, terlihat dalam rangkaian siklus I dan siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 74,38 dengan nilai terendah 40 dan nilai tertinggi adalah 90 dari 24 siswa. Dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 76,67 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi adalah 90 dari 24 siswa. Rata-rata hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 71,15 dan pada siklus II adalah 80,77. Sehingga   penerapan   model   problem   based   learning   (PBL)   pada   materi Keunggulan dan Keterbatasan Antar Ruang Serta Peran Pelaku Ekonomi Dalam Suatu Perekonomian dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 7 Batanghari.

Published
2021-03-31