PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN SISTEM ICARE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS VII A SMP NEGERI 7 BATANGHARI

  • Nazirwan
Keywords: Hasil Belajar Siswa, Penerapan Sistem ICARE, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Penerapan Sistem ICARE merupakan materi   Bahasa inggris monolog desctiptive yang aplikatif dalam kehidupan sehari-hari. Pengalaman sebelumnya nilai yang diperoleh siswa belum memuaskan, masih ada 40% siswa yang belum memperoleh nilai di atas KKM pada ujian utama. Setelah dilakukan remedial baru ketuntasannya mencapai 82%. Metode pembelajaran yang digunakan sebelumya demonstrasi, yang hanya dialami oleh beberapa orang siswa saja. Untuk mengantisipasi nilai perolehan siswa yang lebih memadai maka digunakan alternatif pemilihan slain sistem yaitu sistem ICARE. Pada bahasa inggris    ini semua siswa mengalami dan melakukan monolog descritive dalam Bahasa inggris dalam kehidupan sehari–hari. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan proses belajar mengajar siswa melalui penerapan sistem ICARE pada materi menolog   descriptive   sederhana ini dalam   Kelas VII A di SMP Negeri 7 Batanghari dan untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar  siswa dengan penerapan sistem ICARE  pada  meteri  monolog  descrietive  sederhana  dalam  pembelajaran  bahasa  inggris kelas VII A di SMP Negeri 7 Batanghari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I, II, III . Tiap siklus dilakasanakan dua kali tatap muka. Setiap siklus dilakasanakan evaluasi untuk melihat tingkat ketuntasan yang diperoleh siswa   dan observasi proses pembelajaran siswa dalam mengikuti pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari proses pelaksanaan tindakan. Hasil yang dimaksud dapat berupa perubahan  hasil belajar siswa. Evaluasi dilaksanakan pada  akhir  proses belajar mengajar di setiap siklus dengan memberikan tes akhir untuk melihat tingkat keberhasilan yang telah diperoleh siswa dalam  memahami  konsep  yang  diberikan.  Sementara itu, observasi  dilakukan  pada  saat proses pembelajaran berlangsung dengan tujuan untuk mengetahui kemajuan proses belajar mengajar yang dilaksanakan.Rata-rata hasil hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 75,00 dan pada siklus 2 adalah 79,17 serta pada . Rata-rata hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 adalah 75,15 dan pada siklus 2 adalah 84,78. Penerapan sistem lCARE pada meteri monolog descriptive sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa inggris kelas VII A di SMP Negeri 7  Batanghari. Ada peningkatan proses belajar mengajar siswa melalui penerapan sistem ICARE pada materi monolog descriptive sederhana dalam pembelajaran Bahasa inggris kelas VII A di SMP Negeri 7  Batanghari.

Published
2021-03-31