IMPLEMENTASI EVALUASI PROSES DALAM PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN KREATIFITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANGHARI

  • Yusmani
Keywords: Kreatifitas siswa, Pembelajaran IPA

Abstract

Siswa diupayakan agar mampu mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dengan mengidentifikasi, menguji, dan menafsirkan makna konsep yang sedang dipelajarinya melalui proses interaksi dengan lingkungannya seperti berinteraksi dengan konsep yang dipelajari, berdiskusi dengan teman, atau berdiskusi dengan guru. Oleh karena itu, dalam pembelajaran IPA guru harus menemukan cara-cara memahami pandangan siswa, merencanakan kerangka alternatif, merancang dan mengembangkan tugas-tugas yang meningkatkan proses konstruksi pengatahuan siswa. Selain itu, dalam pembelajaran IPA sudah seyogyanya siswa tidak hanya dibekali dengan keterampilan berhitung dan manipulatif saja, melainkan diperlukan adanya upaya nyata yang intensif untuk menumbuhkan kemampuan siswa dalam mengkonstruksi konsep-konsep fisika utamanya dalam rangka mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Adapun tujuan yang hendak dicapai dari pengembangan yang akan dilakukan ini adalah untuk  mengetahui implementasi evaluasi proses dalam peningkatan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri7 Batanghari. Untuk mengetahui meningkatkan kreatifitas siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA dengan mengimplementasikan  evaluasi proses  di SMP Negeri 7  Batanghari. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus yaitu siklus I, II, III. Tiap siklus dilakasanakan dua kali tatap muka. Setiap siklus dilakasanakan evaluasi proses dan observasi kreatifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai dari proses pelaksanaan tindakan. Hasil yang dimaksud dapat berupa perubahan  hasil belajar siswa. Evaluasi dilaksanakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung dan pada setiap akhir siklus dengan memberikan tes akhir untuk melihat tingkat keberhasilan yang telah diperoleh siswa dalam memahami konsep yang diberikan. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 69,57 dan pada siklus 2 adalah 72,26 serta pada siklus 3 adalah 75,30. Rata-rata hasil kreatifitas siswa dengan implementasi evalusi proses pada siklus 1 adalah 66,17 dan pada siklus 2 adalah 70,09 serta pada siklus 3 adalah 71,83.Implementasi evaluasi proses dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri7 Batanghari. Kreatifitas siswa kelas VIII pada pembelajaran IPA dapat meningkat dengan mengimplementasikan  evaluasi proses  di SMP Negeri 7  Batanghari.

Published
2021-03-31