PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA PELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI KELAS 7.1 SMPN 2 BATANGHARI T.P. 2017/2018

  • Yusmaneli
Keywords: Problem Based Instruction (PBI), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Pengajaran berdasarkan masalah dikembangkan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan Pembelajaran Model Problem Based Instruction (PBI).  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah  Model Problem Based Instruction (PBI) dapat Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pelajaran IPA Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan   di Kelas 7.1 SMPN 2 Batanghari T.P. 2017/2018. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan pengajaran Model Problem Based Instruction (PBI) dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan berpikir kritis terlihat dari peningkatan jumlah yang terjadi dari setiap indikator yaitu terjadi peningkatan sebesar 20-25% setiap indikator kemampuan berpikir kritis. Terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis berbanding lurus dengan peningkatan  hasil belajar IPA siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang didapat pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 61,29 %. Jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus I ada 19 orang dari 31 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar 57,14 % termasuk pada kriteria baik. Hasil evaluasi pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 83,87 meningkat sebesar 22,58, jumlah siswa yang tuntas belajar pada siklus II ada 26 orang dari 31 orang siswa dengan persentase ketuntasan belajar 83,87 %.  Pada aspek afektif dan psikomotorik juga terjadi peningkatan sebesar 20-35 %.

Published
2021-03-31