PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN TEKNIK ATTL (AMATI, TANYA, TULIS, LAPORKAN) PADA SISWA KELAS 8.4 SMPN 2 BATANGHARI

  • Muslinda
Keywords: keterampilan menulis teks berita, metode partisipatori, teknik ATTL.

Abstract

Kegiatan tulis menulis bertujuan untuk mengungkap fakta-fakta, perasaan, sikap, isi pikiran secara jelas dan efektif kepada pembacanya. Keterampilan menulis tidak datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan menulis teks berita siswa kelas 8.4 SMPN 2 Batanghari masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa belum dapat memasukan unsur berita dalam tulisan,dan strategi yang digunakan guru tradisional atau kurang menarik sehingga siswa mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode dan teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi siswa. Metode yang digunakan yaitu metode pastisipatori dengan teknik ATTL yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas 8.4 SMPN 2 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan Siklus 2 dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas 8.4 SMPN 2 Batanghari. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel keterampilan menulis teks berita dan metode partisipatori dengan teknik ATTL. Pengumpulan data pada siklus I dan Siklus 2 menggunakan teknik tes dan nontes.Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian siklus I dan Siklus 2 diketahui adanya peningkatan ketuntasan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis teks berita. Hasil ketuntasan tes pada siklus I sebesar 33,33 % dengan nilai rata-rata sebesar 70,24 dalam kategori cukup. Pada Siklus 2, ketuntasan siswa mencapai 96,29 % dengan nilai rata-rata yang dicapai sebesar 84,81 dan termasuk dalam kategori baik. Terjadi peningkatan dari siklus I sebesar 62,96 %. Pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode pastisipatori dengan teknik ATTL mampu mengubah perilaku siswa kelas 8.4 SMPN 2 Batanghari. Perubahan tersebut seperti siswa yang semula kurang siap, kurang bersemangat, dan kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran menjadi siap, bersemangat, senang, dan menikmati pembelajaran. Siswa juga tampak lebih aktif dan tidak malu bertanya pada narasumber dan ketika menemui kesulitan.

Published
2021-03-31