UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENELAAH UNSUR-UNSUR BUKU FIKSI DAN NONFIKSI MELALUI METODE INQUIRY DI KELAS 7.2 SMPN 2 BATANGHARI SEMESTER II T.P. 2018/2019

  • Ernita
Keywords: buku fiksi dan nonfiksi, Inquiry

Abstract

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa komunikasi utama rakyat Indonesia. Pada dasarnya bahasa sudah menyatu dalam kehidupan manusia. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi. Ide,keinginan, gagasan dll disampaikan lewat bahasa. Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Salah satu model pembelajaran yang tepat pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu Metode Pembelajaran Inquiry. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry  dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia Siswa kelas 7.2 SMP Negeri 2 Batanghari? Tujuan dari penelitian tindakan ini untuk meningkatkan hasil belajar menelaah unsur-unsur buku fiksi dan nonfiksi melalui penggunaan Metode Pembelajaran Inquiry pada Siswa 7.2 SMP Negeri 2 Batanghari. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu  perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas 7.2 SMP Negeri 2 Batanghari. Data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis Metode Pembelajaran Inquiry  memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar Siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar Siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (46,67 %), siklus I (73,33 %), siklus II (86,67%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Inquiry  mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa Siswa tertarik dan berminat dengan Metode Pembelajaran Inquiry  sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Published
2021-03-31