MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TUGAS PROBLEM POSSING SECARA BERKELOMPOK PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS DI KELAS VIII.4 SMP NEGERI 2 BATANG HARI

  • Rusmiyati
Keywords: Hasil Belajar, Problem Possing, Teorema Phytagoras

Abstract

Proses pembelajaranĀ  matematika di SMP Negeri 2 Batang Hari belum berlangsung seoptimal mungkin, hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa selama berlangsungnya pembelajaran. Sebagian siswa sibuk dengan kegiatannyan sendiri yang pada akhirnya siswa kurang memahami konsep materi yang dipelajari. Siswa merasa pembelajaran itu kurang menarik dan monoton yang membuat hasil belajar siswa menjadi kurang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 2 Batang Hari. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kemampuan siswa kelas VIII.4 SMP Negeri 2 Batang Hari pada materi teorema phytagoras melalui pemberian tugas problem possing secara berkelompok. Untuk menjawab permasalahan diatas dilaksanakan suatu penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu melakukan tindakan dengan memberikan tugas pembuatan soal dan menyelesaikannya secara berkelompok yang hasilnya dilihat melalui observasi keaktifan siswa pada setiap siklus dan hasil tes kemampuan siswa pada akhir setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan pemberian tugas problem possing secara berkelompok telah terjadi peningkatan aktifitas siswa dan hasil belajar siswa yaitu keaktifan siswa pada saat pemberian tindakan meningkat dari 65,38% pada siklus I menjadi 88,46% pada siklus II, sedangkanĀ  rata-rata nilai meningkat dari 69,47 pada siklus I menjadi 87,69 pada siklus II dan ketuntasan belajar meningkat dari 57,69% menjadi 84,61%.

Published
2021-03-31