PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SMKN 1 TANJUNG JABUNG BARAT

  • Agusman
Keywords: supervisi akademik, kompetensi pedagogik

Abstract

Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di SMKN 1 Tanjung Jabung Barat dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutkan dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam pembelajaran di SMKN 1 Tanjung Jabung Barat sebesar 26,2%. 

Published
2020-12-31
How to Cite
Agusman. (2020). PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI SMKN 1 TANJUNG JABUNG BARAT . Journal Education of Batanghari, 2(12), 106-118. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/108