PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT (POINT PLUS/MINUS) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN 191/VIII PEMATANG SAPAT, KEC. RIMBO BUJANG,

  • Sutardi
Keywords: reward and punishment, hasil belajar, aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas VI SDN 191/VIII Pematang Sapat, Kec. Rimbo Bujang Kabupaten Tebo dengan pendekatan Reward and Punishment (Point Plus/Minus). Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 191/VIII Pematang Sapat, Jambi, yang terdiri dari 11 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen hasil belajar, dan angket. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, pada siklus ke II maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan sehingga persentase ketuntasan yang diperoleh menjadi 76.39%. Bila dibandingkan dengan persentasi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75%, ini berarti bahwa nilai yang diperoleh siswa telah mencapai target ketuntasan belajar.

Published
2020-12-31
How to Cite
Sutardi. (2020). PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT (POINT PLUS/MINUS) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN 191/VIII PEMATANG SAPAT, KEC. RIMBO BUJANG, . Journal Education of Batanghari, 2(12), 094-105. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/107