MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FABEL PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 182/VIII KARANG DADI, KEC. RIMBO ILIR, KAB. TEBO MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilakukan dengan tujuan sesuai dengan judulnya yaitu meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik Kelas VI SDN 182/VIII Karang Dadi, Kec. Rimbo Ilir, Kab. Tebo. Manfaat dari PTK diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan media gambar berseri untuk menemukan kosakata baru serta memperkaya perbendaharaan kata. Lokasi penelitian kegiatan ini dilakukan di SDN 182/VIII Karang Dadi, Kec. Rimbo Ilir, Kab. Tebo. Subyek penelitiannya adalah peserta didik Kelas VI SDN 182/VIII Karang Dadi, Kec. Rimbo Ilir, Kab. Tebo yang dikhususkan pada Kelas VI semester 2 Tahun Pelajaran 2018-2019. Lama penelitian tindakan akan dilaksanakan selama kurang lebih 1 bulan (Minggu ke-2 Juli sampai dengan Minggu ke-2 Agustus Tahun Pelajaran 2018/2019). Berdasarkan hasil pengolahan data tentang pengaruh pembalajaran dengan media gambar berseri dan tanpa media gambar berseri terhadap prestasi belajar menulis cerita peserta didik Kelas VI (Kelas VI pada khususnya) SDN 182/VIII Karang Dadi, Kec. Rimbo Ilir, Kab. Tebo Tahun Pelajaran 2018/2019, dapat disimpulkan bahwa ditemukan adanya pengaruh hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan media gambar berseri dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media gambar berseri.