PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT CERITA SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN 191/VIII PEMATANG SAPAT, JAMBI

  • Deliyana
Keywords: media, kartu bergambar, Cerita sederhana

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu bergambar meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat cerita sederhana. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 191/VIII pematang Sapat Jambi yang terdiri dari 10 siswa. Prosedur penelitian berpedoman pada desain penelitian tindakan kelas model sepiral dari Kemmis dan McTaggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan dokumen observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, nilai yang diperoleh siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 68, termasuk kriteria sedang. Setelah mendapatkan perlakuan tindakan siklus II dengan permainan kartu bergambar mendapat skor 81 termasuk kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar mampu meningkatkan kemampuan membuat Cerita sederhana.

Published
2020-12-31
How to Cite
Deliyana. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBUAT CERITA SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS IV DI SDN 191/VIII PEMATANG SAPAT, JAMBI . Journal Education of Batanghari, 2(12), 061-071. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/104