PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN KELAS X SMAN 1 BATANGHARI JAMBI

  • Abdul Azis
Keywords: macromedia flash, hasil belajar, aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penggunaan macromedia Flah pada mata pelajaran Fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Batanghari. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 1 Batanghari, Jambi, yang terdiri dari 31 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen hasil belajar, dan angket. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, Dari perbandingan hasil tes siswa pada siklus I dengan nilai rata- rata siswa 69.00 dan siklus II dengan nilai rata-rata siswa 75.53 dengan demikian terdapat peningkatan 6.53 dan nilainya sudah di atas KKM, yaitu 70 Menurut nilai angket yang diisi siswa, pada siklus I rata-rata nilainya adalah 62,82%, sedangkan pada siklus II naik menjadi 73,13%, dan menurut interval nilai persentase ini tergolong baik , dan sudah memenuhi KKM, yaitu 70. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan macromedia flash dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Published
2020-12-31
How to Cite
Abdul Azis. (2020). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA MATERI GERAK LURUS DENGAN KECEPATAN DAN PERCEPATAN KONSTAN KELAS X SMAN 1 BATANGHARI JAMBI . Journal Education of Batanghari, 2(12), 049-060. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/103