PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TES KECIL PADA AKHIR PROSES PEMBELAJARAN MATERI FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI SMK NEGERI 2 KOTA JAMBI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pemberian tes kecil pada mata pelajaran matematika pada siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 2 Kota Jambi. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMKN 2 Kota Jambi, yang terdiri dari 35 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen hasil belajar, dan angket. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 55%, sedangkan pada siklus II naik menjadi 74%, dan menurut interval nilai persentase ini tergolong baik , dan sudah memenuhi KKM, yaitu 70. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tes kecil dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.