MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN METODA KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 BATANGHARI

  • FAUZIAH
Keywords: menulis ,Poster , kooperatif

Abstract

Penelitian tindakan kelas, di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya nilai bahasa Indonesia, khususnya pada aspek menulis poster. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajran dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Batanghari tahun pelajaran 2018 / 2019 melalui model kooperatif .Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obseravasi secara langsung dan tes tertulis Tindakan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan kerja kelompok model kooperatif diawali dengan mengisi LKPD yang berisi kerangka poster dan dilanjutkan dengan pembuatan poster dengan pemberian warna dan komposisi poster yang menarik . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif , sangat efektif, meningkatkan kualitas pembelajaran terlihat dari prilaku dan sikap siswa dalam beraktifitas sekaligus dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan nilai persentase ketuntasan yang dlakukan pada pelaksanaan setiap siklus. Nilai pra silkus 68.75, setelah diadakan penelitian maka pada Siklus satu memperoleh nilai rata-rata 71.07 pada siklus dua meningkat menjadi 76.96. 

Published
2020-11-30
How to Cite
FAUZIAH. (2020). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN METODA KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 14 BATANGHARI . Journal Education of Batanghari, 2(12), 015-026. Retrieved from https://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/100