FAKTOR PENDORONG WISATAWAN MALAYSIA BERKUNJUNG KE SUMATERA BARAT

  • Nelvi Susgenti
Keywords: segmentasi pasar, motivasi, pengunjung pariwisata Malaysia.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor motivasi yang menjadi latar belakang kunjungan orang Malaysia ke Sumatera Barat dan untuk  mengidentifikasi  kelompok/ segmentasi  wisatawan  berdasarkan  motivasi dalam perjalanan ke Sumatera Barat. Populasi penelitian adalah wisatawan dari Malaysia yang mengunjungi Sumatera Barat. Sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan mancanegara, bukan intensi kerja pengunjung atau tamu diplomatik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang merangsang motivasi wisatawan dari Malaysia yang mengunjungi Sumatera Barat adalah presitige, budaya, perawatan medis, pandangan alami, leasure dan udara segar. Padahal, motivasi dominan dalam berkunjung ke Sumatera Barat adalah faktor gengsi dan kebanggaan. Sedangkan segmentasi pasar berdasarkan motivasi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, yaitu: udara segar, keindahan alam dan budaya.

Published
2019-08-13