PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR SENI RUPA DI SMKN 2 BATANG HARI

  • Irhami
Keywords: Project Based Learning, seni rupa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan implementasi metode project based learning dalam proses pembelajaran Dasar-dasar seni rupa di SMK Negeri 2 Batanghari yang meliputi indikator: keterampilan siswa dalam penerapan teknologi dan kemampuan siswa berkolaborasi dengan teman saat proses pembelajaran, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, disiplin belajar dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran, penilaian diri sendiri (self assessment) dalam proses pembelajaran, motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran, dan pengalaman belajar sendiri dan eksplorasi siswa dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X DKV SMK Negeri 2 Batanghari berjumlah 32 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa keefektifan implementasi metode project based learning dalam proses pembelajaran Dasar-dasar seni rupa di SMK Negeri 2 Batanghari cukup baik dalam pelaksanaannya, ditunjukkan pada kecenderungan siswa yang mau menjawab pertanyaan guru sebanyak 42 siswa (62,16%), masuk dalam kategori cukup baik.

Published
2020-08-31
How to Cite
Irhami. (2020). PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR SENI RUPA DI SMKN 2 BATANG HARI . Journal Education of Batanghari, 2(8), 200-218. Retrieved from http://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/80