PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS METODE PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 112/I PERUMNAS

  • Asni Mulyati
Keywords: Kualitas Pembelajaran, CTL berbasis Metode Permainan,, Pendidikan Kewarganegaraan.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 112/I Perumnas. Subjek penelitian adalah guru dan 36 siswa kelas IV SD Negeri 112/I Perumnas. Jenis data meliputi kuantitatif dan kualitatif yang dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes yaitu observasi, wawancara, angket, dan catatan lapangan. Hasil penelitian yaitu keterampilan guru meningkat dengan data pada siklus I jumlah skor 24 dan kualifikasi cukup. Siklus II jumlah skor 32 dan kualifikasi baik. Pada siklus III jumlah skor 37 dan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan, siklus I skor rata-rata 24,6 dan kualifikasi cukup. Pada siklus II skor rata-rata 31,3 dan kualifikasi baik. Puncaknya pada siklus III skor rata-rata 34,1, dan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar pada siklus I persentase ketuntasan 55,55% dengan nilai rata-rata 66,94. Siklus II meningkat menjadi 72,22%, dengan nilai rata- rata 70. Siklus III persentase ketuntasan 86,11% dengan nilai rata-rata 77,88. Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, CTL berbasis Metode Permainan,

Published
2020-08-31