PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGELOLAAN BISNIS RETAIL KONSEP ORGANISASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA

  • Salamah
Keywords: Hasil Belajar, Pengelolaan Bisnis Retail, NHT

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar Pengelolaan Bisnis Retail pada siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi pada materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Bisnis Retail. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, dimana siklus I mencapai 75,00 %, dan siklus II mencapai 92,86 % Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Jambi. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 75,00 %, dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 92,86 %.

Published
2020-08-31