UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 064/I MUARA BULIAN

  • Halimah
Keywords: IPA, Learning Together (LT)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VI SD Negeri 064/I Muara Bulian melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together (LT). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri 064/I Muara Bulian yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini akan diterapkan pada mata pelajaran IPA dengan pokok bahasan sesuai dengan kompetensi dasar yaitu mendeskripsikan “Cara Perkembangbiakan Makhluk Hidup” dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut “Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Learning Together dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (35%), siklus I (45%) dan siklus II (80%).

Published
2020-08-31