PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT (POINT PLUS/MINUS) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS X/I MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 6 KOTA JAMBI

  • Hariyani
Keywords: reward, punishment, hasil belajar, aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pemberian reward and punishment pada mata pelajaran matematika pada siswa kelas X SMKN 6 Kota Jambi. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 6 Kota Jambi, yang terdiri dari 31 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen hasil belajar, dan angket. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, hasil tes siswa pada siklus I memiliki rata-rata 68.00 dan siklus II dengan memiliki rata-rata siswa 77.50, dengan demikian terdapat peningkatan 9.50,  dan nilainya sudah di atas KKM, yaitu 75. Menurut nilai angket yang diisi siswa, pada siklus I rata-rata nilainya adalah 60%, sedangkan pada siklus II naik menjadi 76.39%, dan menurut interval nilai persentase ini tergolong baik , dan sudah memenuhi KKM, yaitu 75 . Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemberian reward and punishment dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Published
2020-08-31