PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF DENGAN METODE STRUKTURAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 152/I TANJUNG MULYO

  • Misnawati
Keywords: Berbicara, Pendekatan Kooperatif, Metode Struktural

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model kooperatif dengan metode struktural dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam pelaksanaannya. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 152/I Tanjung Mulyo, Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari yang terdiri dari 23 siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas 63. Dengan penggunaan menggunakan model kooperatif metode structural dengan teknik mencari pasangan disertai media elektronik nilai rata-rata kelas pada siklus I menjadi 78,43. Pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,96. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

Published
2020-08-31