MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN TES KECIL PADA AKHIR PROSES PEMBELAJARAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB PADA SISWA KELAS XII IPA 3 SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI

  • Mahyunis
Keywords: tes kecil, aktivitas belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui pemberian tes kecil dalam mata pelajaran matematika wajib pada siswa kelas XII IPA 3 SMAN 2 Kota Jambi. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMAN 2 Kota Jambi, Jambi, yang terdiri dari 36 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan dokumen hasil belajar, dan angket. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 49.2%, sedangkan pada siklus II naik menjadi 70.4%, dan menurut interval nilai persentase ini tergolong baik , dan sudah memenuhi KKM, yaitu 70. Dari keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tes kecil dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Published
2020-08-31