UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 152/I TANJUNG MULYO

  • Nurmalis
Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan Desember 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan kontekstual pada materi mempelajari Perilaku terpuji Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS, berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan baik dan benar, mampu meningkatkan keaktifan, semangat dan keinginan siswa untuk lebih menyukai pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis ketercapaian hasil belajar pada kemampuan awal sebelum diadakan tindakan sebesar 60 kemudian setelah dilakukan tindakan dalam dua siklus,terdapat peningkatan di siklus I sebesar 70 dan pada siklus II pencapaian ratarata penilaian sebesar 78 dengan prosentase ketuntasan 94,11% . Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan perilaku akhlak terpuji dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar siswa.

Published
2020-08-31