MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA TEKS DENGAN PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 3 BATANGHARI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

  • Emiwati
Keywords: kualitas pembelajaran, discovery learning

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujun untuk mendeskripsikan  peningkatkan kualitas hasil dan proses pembelajaran menemukan gagasan utama teks dengan penerapan discovery learning atau model pembelajaran penemuan pada peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Batanghari. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Untuk mengetahui peningkatan kualitas hasil pembelajaran, peneliti melaksanakan tiga kali tes, yaitu tes awal/ prasiklus, tes akhir siklus I, dan tes akhir siklus II. Melalui tes awal diketahui peserta didik yang mencapai KKM atau nilai 77 hanya 4 orang atau 12,5%.  Setelah dilakukan tindakan penerapan model pembelajaran penemuan, jumlah peserta didik yang  mencapai nilai KKM meningkat jadi 18 orang atau 56,3%. Namun, ketuntasan pembelajaran klasikal (85%) belum belum tercapai. Setelah pelaksanan tindakan siklus II, peserta didik yang mencapai nilai KKM berjumlah 28 orang, setara 87,5%. Ketuntasan secara klasikal pun sudah sudah tercapai, bahkan terkampaui.   Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kualitas hasil dan proses pembelajaran menemukan gagasan utama teks dengan penerapan model pembelajaran penemuan/discovery learning pada peserta didik kelas VIII.2 SMP Negeri 3 Batanghari.

Published
2020-08-31