MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM MONOLOG DESKRIPTIF LISAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN SISTIM ICARE PADA SISWA DI KELAS VII – 8 SMP NEGERI 3 BATANGHARI

  • Birmasari Harahap
Keywords: Monolog Deskriptif Lisan Sederhana, Sistim ICARE

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima (literary) bagi siswa kelas VIII – 8 di SMP Negeri 3BATANG HARI Penelitian ini sebagai jawaban dari kesulitan guru bahasa Inggris ketika membelajarkan siswa pada siklus lisan. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan 3 siklus dengan sistim ICARE yang melalui lima tahapan yaitu, Introduce (Kenalkan), Connect (Hubungkan), Apply (Terapkan), Reflect (Refleksikan) dan Extend (Perluaslah)  Hasil  analisis  data  yang  diperoleh  dari  hasil  pengamatan  dan  angket  siswa  secara kualitatif dan secara kuantitatif diperoleh dari  dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistim ICARE, dapat meningkatkan keterampilan  siswa  mengungkapkan  monolog  descriptive  lisan  sederhana yang berterima terdapat peningkatan sebagai berikut:(1) meningkatnya keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana, (2) meningkatnya kemampuan siswa didalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat, (3) meningkatnya keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.

Published
2020-08-31