KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI MELALUI PRAKTEK DISKUSI DENGAN MODEL KONTEKSTUAL PADA KELAS IX-3 SMP 3 BATANGHARI

  • SUTRIYAWATI
Keywords: Praktek ,Diskusi ,kontekstual

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas IX SMP N 3 Batanghari tahun pelajaran 2018 / 2019 melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus .Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obseravasi secara langsung dan tes tertulis. Tindakan yang dilakukan adalah dengan melaksanakan praktek diskusi yang menjadi bahan untuk penulisan Teks diskusi secara langsung dengan metodl kontekstual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kontekstual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar.Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan persentase ketuntasan tes tertulis yang dlakukan pada pertemuan setiap siklus. Penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IX SMP N 3 Batanghari dengan Indikator prestasi terdiri dari kognetif, afektif dan psikomotor .Pada siklus satu peserta didik memperoleh skore 82,19 pada siklus dua peserta didik memperoleh 88,13.

Published
2020-08-31