Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep panas dan perpindahannya Menggunakan Metode eksperimen pada Siswa Kelas V SD Negeri No. 87/ IX Kunangan . Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi

  • Yusni Darni
Keywords: Hasil Belajar, IPA, Metode Eksperimen

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas V SD Negeri No. 87/ IX Kunangan.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dapat didefinisikan sebagai bentuk penelaahan penelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan/atau meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional”. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa kelas V SD Negeri No. 87/ IX Kunangan pada materi ajar panas dan perpindahannya. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, dimana siklus I mencapai 65,00 %, dan siklus II mencapai 90,86 % Metode eksperimen  sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas V SD Negeri No. 87/ IX Kunangan. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 65,00 %,  dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 90,86 %. 

Published
2019-03-31