PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 55/I SRIDADI KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI

  • Muhibah
Keywords: Hasil Belajar, Metode Role Playing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing pada mata pelajaran PKN kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.55/I Sridadi . Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe role playing dan fokus hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No.55/I Sridadi dengan objek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Hasil belajar yang diperoleh dari taraf keberhasilan siswa yang tuntas mencapai KKM sekolah, yang cenderung mengalami peningkatan, berturut-turut: siklus I, kualifikasi cukup, dan siklus II, kualifikasi baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas IV Sekolah Dasar Negeri No.55/I SridadiĀ 

Published
2019-03-31