PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI TEKANAN KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANGHARI

  • Gustia Meri B
Keywords: Eksperimen, Tekanan, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses belajar mengajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada materi tekanan dalam pembelaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 7Batang Hari dan untuk mengetahui peningkatan  hasil belajar  siswa dengan penerapan metode eksperimen pada meteri tekanan  pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri7 Batang Hari. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus yaitu siklus I, II, III. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data rata-rata hasil hasil belajar siswa pada siklus 1 adalah 70,00 dan pada siklus 2 adalah 74,17 serta pada siklus 3 adalah 81,25. Rata-rata hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada siklus 1 adalah 71,15 dan pada siklus 2 adalah 80,77 serta pada siklus 3 adalah 92,31. SimpulanPenelitian penerapan metode eksperimen pada meteri tekanan  dapat meningkatkan hasil belajar  siswa dalam pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Hari. Ada peningkatan proses belajar mengajar siswa melalui penerapan metode eksperimen pada materi tekanan dalam pembelaran IPA Kelas VIII di SMP Negeri 7  Batang Hari.

Published
2019-03-31