UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENENTUKAN VOLUM BANGUN RUANG MENGGUNAKAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN DI KELAS VI SD NEGERI 110/I TENAM KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANGHARI

  • Pahrul
Keywords: Hasil belajar, Bangun Ruang, Alat peraga

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 110/I Tenam Kecamatan Muara Bulian dalam menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat peraga kubus satuan. Penelitian ini dengan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI, indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah meperoleh nilai minimal 7,0. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,4 pada siklus I, 6,8 pada siklus II dan 8,5 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran. Saran, yang dapat disampaikan kepada guru kelas VI agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam mengajarkan materi menentukan volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan berlatih dengan menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan soal-soal latihan menentukan volum bangun ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan soal tersebut

Published
2019-03-31