PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN KONSEP ORGANISASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SISWA KELAS V SD NEGERI NO.31/I PELAYANGAN NAPAL SISIK KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANGHARI

  • Junaidi
Keywords: Hasil Belajar, PKN, NHT

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada peserta didik kelas V SD Negeri No. 31/I Pelayangan Napal Sisik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa kelas V SD Negeri No.31/I Pelayangan Napal Sisik pada materi ajar Organisasi. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil tes tindakan setiap siklus, dimana siklus I mencapai 75,00 %, dan siklus II mencapai 92,86 % Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sudah terlaksana sesuai dengan skenario pembelajaran di kelas V SD Negeri No.31/I Pel.Napal Sisik. Keterlaksanaan dari siklus I mencapai rata-rata sebesar 75,00 %,  dan siklus II mencapai rata-rata sebesar 92,86 %. 

Published
2019-03-31