MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN CARA SUSUN DENGAN METODE DEMONTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN 140/I SUNGAI LAIS KECAMATAN MUARA BULIAN KABUPATEN BATANG HARI

  • Hendri AR
Keywords: Matematika, Perkalian, Demonstrasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran demontrasi, dan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN 140/I Sungai Lais. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (54,17%), siklus II (83,33%). Kesimpulan penelitian ini adalah metode pembelajaran demontrasi dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN 140/I Sungai Lais, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran MTK.

Published
2019-03-31