PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MEMBUAT DAN MENCOCOKAN (MAKE AND MATCH) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI KELAS III SDN 41/1 KUAP KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANG HARI

  • Ahmadi Ahmadi
Keywords: Hasil Belajar Model Membuat dan Mencocokan (Make and Match)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas III  pada mata pelajaran PKn di SDN 41/1 Kuap. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Jumlah siswa kelas III ada 15 siswa terdiri dari 8 laki – laki dan 7 perempuan.  Persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada evaluasi sebelum perbaikan pembelajaran, siklus I ada 8 siswa atau 58% dari 15 siswa. Pada perbaikan pembelajaran siklus II meningkat, siswa yang nilainya 75 keatas menjadi 12 atau 95% dari jumlah 15 siswa dan pada perbaikan siklus III menjadi 15 siswa atau 100% dari jumlah 15 siswa. Inilah yang menjadi dasar penerapan model pembelajaran make and match ini diharapkan dapat dijadikan pemicu semangat siswa dalam belajar lewat permainan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 Siklus. Data tes hasil belajar dinilai dengan nilai rata - rata dan Ketuntasan belajar klasikal siswa, sementara data Observasi dianalisis dengan persentase keaktifan belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dalam 3 Siklus terjadi peningkatan pada hasil dan aktivitas belajar siswa.

Published
2019-03-31