PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KARYA ILMIAH DI SMK NEGERI 12 SEROLANGUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi kelompok di SMKN 12 Serolangun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 12 Serolangun tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini terlihat pada hasil penelitian yang menunjukkan pada siklus I jumlah rata-rata siswa yang aktif saat diskusi 63,3% dengan kriteria tinggi, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata 70,8 % (kriteria tinggi) (2) Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dan suasana kelas saat PBM menjadi lebih hidup.