PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KARYA ILMIAH DI SMK NEGERI 12 SEROLANGUN

  • Endi Susarianto
Keywords: Metode diskusi, hasil belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode diskusi kelompok di SMKN 12  Serolangun dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini tergolong dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI  SMK Negeri 12 Serolangun tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini terlihat pada hasil penelitian yang menunjukkan pada siklus I jumlah rata-rata siswa yang aktif saat diskusi 63,3% dengan kriteria tinggi, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase rata-rata 70,8 % (kriteria tinggi) (2) Metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dan suasana kelas saat PBM menjadi lebih hidup.

Published
2019-02-28
How to Cite
Susarianto, E. (2019). PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KARYA ILMIAH DI SMK NEGERI 12 SEROLANGUN . Journal Education of Batanghari, 1(2), 207-227. Retrieved from http://ojs.hr-institut.id/index.php/JEB/article/view/51